Komm, Susser Tod

I know, I know I’ve let you down
I’ve been a fool to myself
I thought that I could
live for no one else
But now through all the hurt & pain
It’s time for me to respect
the ones you love
mean more than anything
So with sadness in my heart
(I) feel the best thing I could do
is end it all
and leave forever
what’s done is done it feels so bad
what once was happy now is sad
I’ll never love again
my world is ending

I wish that I could turn back time
cos now the guilt is all mine
can’t live without
the trust from those you love
I know we can’t forget the past
you can’t forget love & pride
because of that, it’s killing me inside

It all returns to nothing, it all comes
tumbling down. tumbling down.
tumbling down
It all returns to nothing, I just keep
letting me down, letting me down,
letting me down
In my heart of hearts
I know that I could never love again
I’ve lost everything
everything
everything that matters to me,
matters in this world

I wish that I could turn back time
cos now the guilt is all mine
can’t live without
the trust from those you love
I know we can’t forget the past
you can’t forget love & pride
because of that, it’s killing me inside

It all returns to nothing, it all comes
tumbling down. tumbling down.
tumbling down
It all returns to nothing, I just keep
letting me down, letting me down,
letting me down
It all returns to nothing, it all comes
tumbling down. tumbling down.
tumbling down
It all returns to nothing, I just keep
letting me down, letting me down,
letting me down

Sekelebat tentang filsafat

Filsafat, atau philosophy dalam bahasa inggris diambil dari bahasa yunani philosophia (Φιλοσοφία). Kata ini adalah kata majemuk yang berasal dari kata philia yang berarti “persahabatan, cinta” dan sophia yang berarti “kebijaksanaan”. Maka dari itu secara harfiah filsafat dapat diartikan “pecinta kebijaksanaan”.

Sains atau science dalam bahasa inggris, berasal dari bahasa latin scientia yang berarti “mengetahui” merujuk ke metodologi sistematik yang bertujuan menggali informasi akurat mengenai fakta dan berusaha memodelkannya. Dari model tersebut manusia berusaha memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Tentu saja prediksi yang dibuat harus dapat diandalkan, kuantitatif, dan konkrit.

Perbedaan yang paling mendasar antara filsafat dan sains adalah cara mengambil kesimpulan. Filsafat berusaha mencari kebenaran atas suatu hipotesa hanya dengan kekuatan berfikir. Sains bertumpu pada data-data yang telah diambil dan diverifikasi. Oleh karena itu keluaran yang dihasilkan juga berbeda tipe. Teori-teori keluaran filsafat bersifat Kualitatif dan Subjektif. Sedangkan sains menghasilkan output yang Kuantitatif dan Objektif.

Secara umum manusia berpikir induktif, yaitu dari hal khusus ke umum, dan relatif membuat asumsi-asumsi yang mendukung hipotesanya. Data bersifat kebalikannya, yaitu membatasi ruang cakupan teori dan mengerucutkan hipotesa sehingga menjadi teorema yang khusus. Karenanya filsafat juga menghasilkan teori-teori yang Umum dan Eksperimental, sedangkan keluaran sains bersifat Spesial dan Empiris.

Walaupun berbeda, filsafat dan sains tetap memiliki sifat-sifat ilmu yaitu temporal, sistematis, rasional, kritis, dan logis. Temporal artinya bersifat sementara, teori apapun di dunia ini jika ada teori pengganti yang lebih baik atau lebih global akan ditinggalkan. Sistematis, rasional, kritis, dan logis adalah cara manusia berpikir. Keempat sifat itu adalah setting default otak manusia. Bila satu saja ditinggalkan, teori yang dihasilkan tidak akan bertahan.

Bagaimanapun juga ada beberapa hal yang tidak bisa dicover metode sains secara indah. Disinilah metode filsafat berperan. Ilmu sosial dan psikologi contohnya. Data yang diambil seringkali terlalu acak untuk dapat dianalisis dengan metode ilmiah. Maka dari itu intuisi dan pemikiran manusia yang notabene merupakan metode filsafat banyak berperan disana.

Perkembangan Filsafat Sains di Barat

Periode paling awal dalam perkembangan filsafat di dunia barat disebut Ancient (Periode kuno) yang terjadi disekitar kejatuhan kerajaan romawi kuno sampai dengan abad 14. Daerah yang mengalami perkembangan paling pesat adalah Yunani.

Secara harfiah tidak ada aliran tertentu yang berpengaruh di masa ini karena pada umumnya filosof Yunani tidak membatasi pikiran mereka hanya pada satu bidang tertentu saja. Kondisi alam, sosial, politik, kebudayaan juga menjadi bahan pikiran mereka dalam berfilsafat.

Tema sentral yang paling sering dibahas adalah tema-tema yang berkaitan dengan alam, tentang definisi berbagai hal yang sering ditemui dalam kehidupan, struktur kehidupan, bahkan kadang ada juga yang bertema ketuhanan.

Tersebut dua nama: Plato dan muridnya Aristoteles. Dua orang guru-murid yang seringkali berkebalikan dalam pemikiran. Merekalah yang berpengaruh dan ditokohkan pada masa itu.

Aristoteles adalah murid Plato. Pemikirannya lebih mengarah pada logika dan kehidupan. Hal inilah yang menjadikan Aristoteles menjadi filosof sistematis pertama. Buah pikirannya yang masih dipakai sampai sekarang adalah silogisme, yaitu metode untuk mencari kesimpulan dengan menghubungkan 2 atau lebih objek dalam suatu keterkaitan.

Guru dari Aristoteles, Plato, merupakan murid Socrates. Sang Inisiator perkembangan filsafat di Yunani. Plato paling banyak berpikir tentang eksistensi manusia dan situasi politik city state dari Yunani. Berbagai pokok pikiran Plato dirangkum menjadi Teori Kejadian yaitu:
1. Pikiran mempunyai kapasitas untuk mengerti.
2. Konsep lebih nyata, permanen dan lebih umum daripada benda-benda yang ada di dunia.
3. Kejahatan adalah buntuk ketidakpedulian terhadap fakta.
4. Dalam badan terdapat jiwa yang tak pernah mati.

Periode selanjutnya adalah Medieval (Periode Pertengahan). Periode ini terjadi antara abad 14 dan 17, saat dimana renaissance cukup berjaya. Ketuhanan dan berbagai ciptaan Tuhan yang ada di dunia adalah Aliran yang dianut pada masa ini.

Jika Tuhan ada, maka Dia adalah eksistensi yang paling berpengaruh di dunia dan sangat pantas untuk dipelajari. Ini adalah teori populer yang dipegang. Beberapa ahli terus mengadakan penelitian untuk membuktikan eksistensi Tuhan dengan logika.

Tema sentral pada masa ini adalah ketuhanan. Bahkan pada masa ini lazim disebut berfilsafat jika mengadakan penelitian di bidang Teologi dan pengobatan. Tokoh yang berpengaruh pada masa ini adalah Thomas Aquinas dan St. Anselm.

Thomas Aquinas menyatakan bahwa pada masa lalu pasti ada seseorang atau sesuatu yang menciptakan berbagai benda yang ada di alam, Tuhan. Dengan teori inilah dia berusaha menjelaskan kekuatan dan keunikan kekuatan Tuhan. Sementara itu St. Anselm menciptakan teori yang mengatakan Tuhan memiliki kemungkinan untuk mempunyai properti yang baik karena Eksistensi alam merupakan sesuatu yang baik, maka begitu pula dengan Tuhan.

Pada abad 17 hingga 20 periode Modern menapakkan kakinya. Rasionalisme dan Empirisisme adalah aliran yang sangat berpengaruh pada masa itu. Hal ini dikarenakan menjamurnya filosof yang menggunakan pikiran mereka untuk melihat perilaku alam sekitar dan kondisi sosial di lingkungan tempat mereka berada.
Tema zaman ini adalah mengorganisasikan berbagai pemikiran filosofi dan sains kedalam dasar yang disebut sebagai sifat rasional, skeptikal, logikal, dan aksiomatik. Descartes dan Locke adalah tokoh yang berpengaruh kuat dalam masa ini.

“Hanya pengetahuan yang berdasarkan kebenaran mampu dinalar dengan logika dan akal.”

Kalimat ini dicetuskan Rene Descartes. Menurutnya pengetahuan yang berdasarkan kebenaran adalah Matematika dan berbagai ilmu yang mendasari pengetahuan seperti gerak, gravitasi, dsb. Semua selain itu harus berdasarkan pengamatan dan/atau penelitian yang ditujukan untuk ilmu pengetahuan.

John Locke berpendapat bahwa pengetahuan yang didapat manusia harus berdasarkan mengalaman atau penelitian yang dialami oleh setiap individu. Menurutnya pikiran adalah secarik kertas putih kosong dan pengalaman hidup akan membuatnya berwarna dan bercorak. Pada dasarnya pengetahuan tidak dapat dideduksi, tapi berkat pengalaman hidup pengetahuan jadi dapat dimengerti.

Selepas Periode Modern usai muncullah masa yang disebut Periode Kontemporer. Masa yang ditandai dengan keinginan kuat untuk kembali kepada ajaran agama. Filosof di Barat mulai menyadari bahwa era modern telah melahirkan kehidupan yang kering spiritual dan tidak bermakna.

Jean Baudrillard, Michel Foucault, Martin Heidegger, Karl Popper, Bertrand Russell, Jean-Paul Sartre, Albert Camus, Jurgen Haberma, Richard Rotry, Feyerabend, Jacques Derrida, Mahzab Frankfurt adalah nama-nama yang muncul sebagai pionir periode ini.

Jürgen Habermas adalah seorang filsuf dan sosiolog penganut Critical Theory dan pragmatisme Amerika. Dia dikenal dengan sebuah konsep ruang publik berdasarkan teori ‘aksi komunikatif’. Karyanya yang seringkali diberi label Neo-Marxisme terfokus pada dasar-dasar pembentukan teori sosial dan epistemologi, analisa kapitalisme di masyarakat industrial dan demokratis; kepastian hukum di dalam konteks evolusi sosiobudaya; dan politik kontemporer, terutama yang terjadi di Jerman. Dia mengembangkan sistem teori yang diabdikan untuk menunjukkan kemungkinan penalaran, emansipasi dan komunikasi logis-kritis yang terdapat di dalam institusi liberal modern.

Seorang filsuf asal Perancis Paul-Michel Foucault adalah salah satu pemikir paling berpengaruh pada zaman pasca Perang Dunia II. Foucault dikenal akan penelaahannya yang kritis terhadap berbagai institusi sosial terutama psikiatri, kedokteran, dan sistem rumah prodeo, serta karya-karyanya tentang riwayat seksualitas. Karyanya yang terkait kekuasaan dan hubungan antara kekuasaan dengan pengetahuan telah banyak didiskusikan dan diterapkan, selain pula pemikirannya yang terkait dengan “diskursus” dalam konteks sejarah filsafat Barat.

Refreshing!!

Uas selesai, beres, gak bersisa. Terlepas apa hasilnya lah ya, kan sudah berusaha sekuat tenaga, jiwa, dan otak :p. Lanjutnya mau ngapain ya?

Pilihan pertama: Nonton sampe mampos. Udah banyak donlotan film awa dari Rileks yang belum sempat wa tonton. Grey’s Anatomy season3 salah satunya. Serial yang haya ditujukan untuk orang-orang yang menghargai hidup B-). Nodame Cantabille, dorama Jepang yang mengangkat tema musik klasik. Keren banget!! :thumbup: . Satu lagi Pirates of Carribean: Dead man’s chest. Aku dah nonton yang pertama ma ketiga, aneh aja kalo lom nonton yang keduanya.

Pilihan kedua: Ngoprek sampe mampos. Ntah kenapa semester ini berlalu tanpa ngoprek. Server manga kami, Xtreme.arc.itb.ac.id sudah beberapa minggu tewas tanpa ada yang ngurus. Memang rusaknya di hardware sih, HDD jebol fisik. Tapi masih bisa lah dipersiapkan konfigurasi yang kira2 oke buat mesin satu itu. Rekor 6 bulan dia gak mati. Sama sekali gak mati, reboot sekalipun🙂 .

Pilihan ketiga: Ngegame sampe mampos. Naekin rating Chessmaster 10 ku yang mentok di 1018, nyobain maen S.T.A.L.K.E.R, ato nostalgia dengan Sniper Elite. Maen Ragnarok Online oke juga tuh. Mahasiswa VLSI baru-baru ini install servernya di kampus, bahagialah kita-kita yang pengen maen lagi. Aku juga udah mulai maen sekarang, sudah jadi hunter berlevel 74 B-) .

Pilihan keempat: Nyelayap sampe mampos: Pergi tamasya ke sekitar Bandung, ato luar Bandung, bahkan luar jawa? Boleh lah, asal ada duwit :p . Pengen sih pergi ke kawahputih lagi, walo masih terkenang tragedi HP 8250 kesayanganku nyemplung ke kolam belerang sana. Kembunglah dia sampe tak mampu nyala lagi. Sedih si, tapikan itu alasan kuat untuk bisa beli HP baru ;)) .

Pilihan kelima: Pulang kerumah tercinta: Yak.. Semarang. Sejak libur Idul Fitri aku belom pulang sekalipun. Kangen ma adek2. Sina, adikku yang kedua, kemaren dikhitan. Ngeri gak situ? Bangga kali aku ma dia. Dah pemberani rupanya :)) . Dia juga mau masuk SMP, moga diterima di SMPN 3 Semarang. Amiinn..

Pilihan keenam: Ngorok sampe mampos: Naekin berat badan :p .

Glasgow Kiss

By John Petrucci. Menurut awa sih keren abis. Menurut situ?

Hello C#

using System;

class program
{
static void Main(String[] Args)
{
String userName;
Console.Write("Hello, C#");
Console.ReadLine();
}
}

Hello frag, welcome to C# :beer: .

Setelah agak lama berkeinginan maen-maen C#, akhirnya program pertamaku jadi juga. Seperti biasa, program Hello, World!😛. Gakpapa, a thousand miles journey begins with one step. Moga2 kali ini nda bosan belajarnya.

Ternyata gaya pemrograman Visual C# tidak jauh berbeda dengan gaya Visual2 yang laen. Seperti Visual Basic, Visual C++, dll; microsoft banget😛.

TA TA TA

Tiap hari rabu jam 13.00 awa kuliah Pengantar Teori Graf yang membosankan sepenuh2nya. Pokoknya ngebosenin ajah. Sampe heran kok bisa minggu kemaren bosan buanggett. Masalahnya itu kuliah KK Kombinatorik yang notabene bidang yang bikin awa tertarik, harusnya nda ngantuk dong.

Yang jelas rabu minggu lalu awa pas ngumpulin kertas diskusi dipanggil Pak Dosen. Beliau nanya, “Anda tugas akhir bimbingan dengan siapa?”. JLEBB!! Hati ini rasanya maknyoss. Ya ampun bapaak, mahasiswamu ini baru lulus 70 sks. Belumlah setengah jalan, pokoke belum kepikiran lah namanya nyari dosen pembimbing.

“Eh?” awa cuma bisa bengong :blink:. Belum sempat abis bengongnya si Bapak langsung nambahin “Mau sama saya bikin UAS online? Sepertinya anda tertarik kan ke matematika komputasi?”. JEDUARRRR!!! Gila buoi, spichleslah awa. Belum abis lagi spichlesnya langsung dilanjut lagi, “Ya Anda pikir-pikir dulu lah, kalo bersedia nanti Anda temui saya.”

Dilema ni buoi, tapi peduli amat lagi. Ambil aja dulu en dijalani. Siapa tau ntar kalo udah 100an sks tinggal ambil mata kuliahnya, seminar, cuci2 nilai, lulus deh😀.

Ada sedikit rasa kecewa sih, soale kan pengennya pergi ke Kombinatorik. Tentang graf. Berpikir analitis tentang tour, path, cycle, dkk. Menganalisis alur jalanan kota Bandung, gimana seharusnya lintasan lalulintasnya supaya gak begitu macet. Mikir gimana jalur pemungutan sampah di kampus ITB supaya efektif dan cepat. Ato sekalian bikin metode universal penyelesaian puzzle sudoku.

Program Studi Matematika ITB memiliki 6 kelompok kerja: Analisis dan Geometri, Aljabar, Matematika Industri dan Keuangan, Komputasi, Kombinatorik, dan Statistik. Hhh.. kenapa ikut yang komputasi yak, kurang matematikanya dibanding yang laen

Playlist of the day

Tohpati – Khatulistiwa
Tohpati – Penari
Kenny G – Baby G
Evanescence – My Immortal
Tohpati – Lukisan Pagi
Frente – Bizarre Love Triangle
Tohpati – Jejak Langkah Yang Kau Tinggal
Kenny G – Havana
Richard Clayderman – Everything I Do I Do It For you
Evanescence – Hello
Tohpati – Serampang Samba
Kenny G – Songbird
Fort Minor – Where’d you go
Maliq D’Essentials – The One
Richard Clayderman – Unbreak My Heart
Frente! – Open Up Your Heart And Let The Sunshine In
Richard Clayderman – Nostalgia’99

Pagi yang cerah, langit biru muda dengan awan yang jarang-jarang. Matahari ceria mengisi ruang kosong dengan cahaya. Aku bangun pagi. Dapat sms cinta. Instalasi Visual Studio 2005 lengkap dengan MSDN Documentationnya udah selesai. Saatnya belajar C#.

Apa yang kurang? Ah.. indahnya hari ini😡